Kemenkominfo Siap Mengantar Indonesia Jadi Bangsa Digital

Kemenkominfo Siap Mengantar Indonesia Jadi Bangsa Digital

JAKARTA – Memasuki usai 20 tahun pada 13 September lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus bertransformasi secara progresif dan visioner.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, perjalanan 20 tahun ini tidak terlepas dari peran mantan menteri pada era sebelumnya.

“Penghargaan kami sampaikan untuk para Menteri semenjak kementerian ini masih mengemban tugas mulia dari awal reformasi, yakni Bapak Syamsul Muarif (almarhum), Bapak Sofyan Djalil, Bapak Muhammad Nuh, Bapak Tifatul Sembiring, dan Bapak Rudiantara,” ujarnya dalam Acara Syukur dan Refleksi 20 Tahun Kominfo, di Lapangan Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (28/9) lalu.

Politisi Partai Nasdem itu mengapreasi pengabdian, gagasan, visi besar, dan leadership dari Menteri Kominfo sebelumnya dalam memimpin hingga saat ini menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Seluruh perubahan dan kemajuan yang diwariskan oleh para Menteri terdahulu menjadi pencapaian yang patut kita syukuri. Sehingga hari ini Kominfo dapat melanjutkan pekerjaan-pekerjaan besar untuk mengantar Indonesia menjadi bangsa digital, Indonesia as a digital nation,” lanjut Johnny yang dikutip dari JawaPos.com.

Menurutnya, pada awal perjalanan Kementerian Kominfo memiliki moto “Menuju Masyarakat Informasi”.

Seiring berjalannya waktu, Kemenkominfo merumuskan moto baru untuk menyambut era baru transformasi digital, yaitu Semakin Digital, Semakin Maju.

Johnny menegaskan bahwa Kemenkominfo terus mendorong implementasi major project transformasi digital, sembari meningkatkan pemerataan dan kualitas layanan digital di seluruh penjuru Indonesia.

Oleh karena itu, Kemenkominfo melakukan akselerasi transformasi digital, dengan mengacu pada lima arahan strategis Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada Agustus 2020 lalu.

Pertama, mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, menyiapkan peta jalan atau roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis.

Ketiga, mempercepat integrasi pusat data nasional. Keempat, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) talenta-talenta digital yang kompeten.

Kelima, menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: